Beranda » cara mengurangi emosi

cara mengurangi emosi

anda pernah merasakan emosi? apa yang anda rasakan ketika emosi? ya kalau saya sich sering merasa emosi…  aduchh…… ketika emosi uh rasanya seperti dunia ini terasa panas.. semuanya terasa menjengkelkan. betul kan,, sepertinya begitu..

hemm bayangkan saja suasana hati kita misalnya ketika tugas sekolah menumpuk, kamar kotor, di marahi orangtua, atau orang berlaku seenaknya sendiri pada kita, planning gagal, dan sebagainya.. sungguh semuanya sangat menjengkelkan…

tingkat emosional seseorang mungkin beda pada setiap umurnya. kemarahan yang dirasakan anak kecil dengan remaja pasti beda. apalagi antara remaja dengan orang dewasa, juga sangat berbeda. biasanya yang sangat sulit mengendalikan emosi adalah remaja. anak remaja ituch suka berlaku seenaknya sendiri. mereka biasanya menuruti kata hati atau melakukan sesuatu yang mereka rasa itu benar, tapi menurut orang lain kan belum tentu benar..ya gak??? remaja ituch kan punya perasaan yang sangat labil. . daaaaan juga sangat sensitif. ya kalau ada sesuatu yang nggak sesuai dengan hatinya langsung marah. ceile… segampang itu,,, . namun jika seseorang telah beranjak dewasa pikiran dan perasaannya akan semakin stabil jadi bisa mengendalikan diri. gak asal nyeruduk kayak anak remaja gitu.. (emang kambink..)

mengendalikan diri yang sedang emosi memang sangat sulit. hal itu perlu latihan. otak kita harus sering dilatih untuk menahan amarah. ketika emosi, sebaiknya kita harus sekuat tenaga menenangkan hati kita. siapa lagi yang akan menenangkan kalau bukan kita sendiri. sebaiknya diam dan merenung sejenak, jika emosi telah reda, segera berpikir apa masalah yang membuat anda emosi dan pikirkan solusinya. segala sesuatu jika dihadapi dengan kemarahan akan berakhir tidak baik. maka hadapi semua dengan penuh ketenangan dan kesabaran. hasilnya akan lebih memuaskan dan pasti lebih mudah menemui jalan keluar.

orang yang sering melatih kesabarannya mungkin akan mudah mengendalikan dirinya ketika sedang marah atau emosi. namun hal ini juga gak banyak orang yang bisa melakukannya. lalu akankah kita akan menuruti kemarahan kita yang nantinya juga akan merendahkan diri kita sendiri ???? (ya/tidak)

ya atau tidak itu sich terserah anda.. jika anda orang beriman saya kira jawaban anda pasti tidak.. (hahaha).  lalu bagaimana jika kita mengalami kesulitan meredam emosi kita? berdasarkan hasil penelitian, ternyata ditemukan makanan yang dapat meredam atau mengurangi emosi seseorang. makanan itu diantaranya :

1. pisang

2. kacang almond

3. jus jeruk

4. keju

saya pikir makanan di atas cukup lezat… ya mungkin dengan kita memakan salah satu makanan di atas perasaan atau mood kita akan berubah dari emosi menjadi senang karena makanannya enak .. (hehoheo). jadi lama-lama emosi nya bisa ilang dech,, saran saya sebaiknya ketika sedang emosi tetaplah dan cobalah berfikir logis, sering hal yang membuat kita emosi berawal dari diri kita sendiri. jangan sampai kita mengalami emosi yang berlebihan hingga merendahkan kita di mata orang lain. okey? (^_^)  selamat mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s